Perbedaan Hacker dan Cracker

Mungkin kalian pernah dengar kata " Hacker dan Cracker " Tapi kebanyakan orang gak tau perbedaan " Hacker dan Cracker " Nah maka dari itu saya akan mengshare nya :) .

Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem.

Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya , terutama keamanan

hacker di bagi menjadi 3 yaitu :

  1. Blackhat
  2. Whitehat
  3. Grey hat

White Hat ditujukan pada mereka yang membantu menemukan vulnerability disistem komputer dan kadang juga memberikan cara untuk mengatasinya..biasanya orang2 ini tergolong ke dalam security IT.( menggunakan untuk kebaikan).

Black Hat mengacu kepada orang yang melakukan exploitasi kelemahan sistem dengan tujuan mendapatkan informasi atau data secara ilegal,atau bahkan merusak seperti melakukan deface sistem,merubah password,modifikasi database.dan berbagai serangan lainnya seperti DOS(Denial Of Service)yang membuat sistem tidak berfungsi.

Grey Hat klo dikatakan ini yang paling merusak seperti yang terdapat difilm2 Died Hard yang dapat mengendalikan pesawat,lampumerah sehingga menimbulkan kekacauan.may be hacker jenis ini kedepannya memang ada.tapi contoh yang sekarang adalah seperti pencurian ATM(carder) itu juga masuk ke bagian Grey hat.


Comments

Popular Posts