Dalam sehari, Indonesia dihantam 42 ribu serangan cyber


Masih terkait aksi penyadapan dan serangan cyber lainnya, berdasarkan laporan akhir tahun dari Kemenkominfo, ada jumlah yang cukup mencengangkan terjadi di ranah internet Indonesia.

Menurut laporannya, seperti yang tercantum dalam website resminya, Kominfo (27/12), sebagai ilustrasi, Indonesia telah menjadi salah satu negara dengan target serangan cyber terbesar dunia dengan total serangan 1.277.578 kali atau sekitar 42 ribu serangan per hari.

Untuk itu, pihak Kemenkominfo berharap dan terus mendorong sejumlah lembaga pemerintah dan swasta untuk meningkatkan tata kelola sistem keamanan informasi dengan menerapkan Indeks Keamanan Informasi (KAMI) salah satunya.

Hal tersebut dikarenakan berdasarkan laporan terakhir dari ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure), keamanan internet Indonesia sangat buruk.

Selain masalah serangan cyber, pihak Kemenkominfo juga melaporkan masalah aksi penyadapan yang beberapa waktu lalu mencuat. Langkah cepat telah dilakukan oleh Kominfo dengan cara mengumpulkan seluruh operator telekomunikasi Indonesia guna memastikan tidak ada lagi celah penyadapan oleh pihak atau negara lain.

Comments

Popular Posts