Singapura tangkap hacker yang kacaukan istana Perdana Menteri



Aksi hacking yang dilakukan terhadap situs resmi Perdana Menteri Singapura ternyata berdampak panjang. Pihak berwajib setempat melakukan penyelidikan dan kemudian menahan lima orang tersangka yang diduga menjadi pelakunya.
Seperti yang dilansir oleh ZDNet (12/11), pihak kepolisian Singapura menyatakan telah menangkap lima orang yang diduga terlibat dalam serangkaian serangan di dunia maya Singapura yang menyebabkan situs PM Singapura juga menjadi korban. Salah satu tersangka yang diungkapkan identitasnya adalah James Raj Arokiasamy, 35 tahun, yang dikenal dengan alias The Messiah saat melakukan serangan.
The Messiah ditangkap dengan dugaan melakukan peretasan terhadap situs DPRD Kota Singapura melalui apartemennya di Malaysia. Selain itu, dirinya juga diperkirakan melakukan serangan terhadap terhadap situs The Strait Times, People's Action Party Community Foundation dan City Harvest Church.
Atas dugaan ini, maka Arokiasamy pun diancam dengan denda sebesar USD 8 ribu dengan alasan menyalahgunakan teknologi. Selain itu, karena terlibat kasus penyalahgunaan narkoba, hukumannya pun bisa ditambah dengan penjara selama 10 tahun dan denda USD 16 ribu.
Selain Arokiasamy, polisi juga menyebutkan ada lima orang lagi yang ditangkap berkaitan dengan serangan ke situs Kantor Istana Perdana Menteri Singapura. Para pelaku disebut memiliki usia bervariasi mulai 17 hingga 45 tahun.
Meski tak disebutkan secara jelas, tiga dari lima pelaku disebutkan memiliki hubungan darah. Sementara dua pelaku lainnya adalah teman Facebook.
Belum diketahui apa hukuman yang akan diberikan pada dedemit dunia maya ini.

Comments

Popular Posts