Apa Itu Teknik Panning Fotografi?

Di dalam Dunia fotography terdapat istilah foto panning,, nah tahukah kalian apa itu foto panning..??

Foto Panning adalah foto yang merekam obyek utama yang memiliki gerakan dengan hasil rekaman yang jelas, sedangkan obyek latar belakang yang berupa benda diam akan terekam dengan tidak jelas karena adanya efek kabur oleh gerakan. Untuk menghasilkan foto Panning anda harus memotret dengan teknik khusus.


Anda harus melepas tombol pemotreran ketika kamera anda sedang anda gerakkan untuk mengikuti arah gerakan obyek foto anda.

Berikut adalah cara atau tips untuk melakukan teknik Panning Fotografi:
Set Kecepatan rana kamera dengan kecepatan rendah, (1/30 kebawah). Sesuaikan dengan gerakan obyek yang ingin anda foto. Misal jika obyek yang anda foto adalah motor berkecepatan tinggi, anda bisa mengunakan kecepatan 1/30 atau bisa juga 1/15. Intinya semakin lambat gerakan obyek yang ingin anda foto set lebih lambat juga kecepatan pada kamera anda.
Jika anda menggunakan kamera DSLR (Digital Single Lens Reflec). Set kamera anda seperti ini (setting aman membuat panning) : Set di time priority, setting kecepatan 1/15 detik, gunakan ISO 100, setting pada AI SERVO.
Carilah obyek visual yang posisinya lurus di depan anda dan nantinya akan dilewati, maksudnya untuk mempermudah gerakan obyek yang anda foto sebaiknya yang bergerak lururs.
Sambil foto ikuti gerakan, klik shutter masih mengikuti gerakan.


Comments

Popular Posts